Breaking News
Loading...
19 November 2013

Rumus Menghitung Luas Dan Keliling Trapesium Terlengkap

Rumus Menghitung Luas Dan Keliling Trapesium Terlengkap, Trapesium merupakan bangun datar dua dimensi yang terbentuk dari empat buah rusuk yang dua diantaranya sejajar tetapi tidak sama panjang. Trapesium termasuk dalam salah satu jenis bangun datar segi empat.trapesium

 Trapesium dibagi menjadi tiga jenis, yaitu :
  • Trapesium sembarang merupakan trapesium yang keempat rusuknya tidak sama panjang. Trapesium jenis ini tidak memiliki simetri lipat dan memiliki hanya satu simetri putar.
  • Trapesium sama kaki merupakan trapesium yang memiliki sepasang rusuk yang sama panjang dan sepasang rusuk yang sejajar. Trapesium jenis ini memiliki satu buah simetri lipat dan dua buah simetri putar.
  • Trapesium siku-siku merupakan trapesium dimana dua dari keempat sudutnya merupakan sudut siku-siku. Rusuk-rusuk sejajar yang dimiliki trapesium ini tegak lurus dengan tinggi trapesium.
Rumus Menghitung Luas Dan Keliling Trapesium Terlengkap
Rumus Menghitung Luas Dan Keliling Trapesium Terlengkap
Untuk menghitung luas dan keliling trapesium kita gunakan rumus sebagai berikut

Luas Trapesium =   Jumlah sisi sejajar x tinggi
                                                   2

dimana jumlah sisi sejajar = AB + CD ( perhatikan gambar )

                            tinggi =  t  ( perhatikan gambar )

Keliling Trapesium = AB + BC + CD +DA   ( perhatikan gambar )

Sekian informasi tentang Rumus Menghitung Luas dan Keliling Trapesium Terlengkap, semoga dapat membantu. Untuk rumus bangun datar yang lain seperti jajar genjang dapat anda kunjungi Rumus Menghitung Luas dan Keliling Belah Ketupat Terlengkap. Selamat Belajar

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer